Bug XFCE ini dapat Merusak Monitor Laptopmu!


By Dian on



XFCE adalah salah satu lingkungan desktop Linux yang dikenal ringan dan cepat. Hanya memakan memori sekitar 100 MB, XFCE mampu berjalan dengan baik.

Saya sendiri sudah pernah menikmati XFCE pada saat menggunakan Xubuntu. Rasanya memang cukup nyaman dan cepat. Akan tetapi…, ternyata XFCE memiliki bug yang berbahaya bagi monitor, terutama monitor laptop.

Bug Xfce #12117

Bug ini bukan masalah pada error ataupun sistem XFCE, akan tetapi pada wallpaper. Lho! kenapa kok wallpaper bisa menjadi bug?

Ceritanya begini…

Seseorang dengan nama SanjaytheToilet melaporkan bug ini di Bugzilla XFCE. Kira-kira dia mengatakan seperti ini:

Wallpaper bawaan XFCE membuat hewan peliharaan (kucing) saya mencakar-cakar monitor LED laptop saya. Bisakah kita mengganti dengan wallpaper yang berbeda? Agar si kucing tidak bermain tikus-tikusan lagi.
Waduh! ternyata ini bug-nya. 😂

Wallpaper XFCE memang menggunakan gambar tikus yang cukup sempurna. Karena itu, kucing pasti mengira itu tikus asli. Berikut ini lampiran Sanjay pada laporan bug-nya.


Wahaha~ makannya jangan pelihara kucing kalau pakai XFCE.

Sebenarnya bug ini sudah dilaporkan pada pertengahan tahun 2015 lalu dan sudah diberikan patch. Tapi, karena baru-baru ini, seseorang pengguna Reddit bernama merrytimes mengunggah foto berikut ini di sub reddit /r/linux, membuat bug ini kembali hangat untuk diperbincangkan.

Patch Bug Xfce #12117

Beberapa tim support telah memberikan solusi (patch) untuk permasalahan ini, yaitu dengan mengganti wallpaper ke wallpaper berikut ini.


Siapa tahu, dengan wallpaper bergambar anjing ini, kucingnya pada takut dan tidak mau menyentuh laptop.

Nah, itulah bug XFCE yang dapat merusak monitor. Bagaimana pendapatmu?